BAB II
PEMBAHASAN
1.
Analisis
teks hadis
Hadis ini terdapat dalam kitab shahih Muslim nomor. 3076 dalam bab
wasiat. yang menerangkan tentang kadar ukuran wasiat dari harta warisan yang
diperbolehkan, yaitu sepertiga dari harta warisan tersebut.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ
أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَامِرِ بْنِ
سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ عَادَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ مِنْ وَجَعٍ أَشْفَيْتُ مِنْهُ عَلَى الْمَوْتِ
فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ بَلَغَنِي مَا تَرَى مِنْ الْوَجَعِ وَأَنَا ذُو
مَالٍ وَلَا يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ لِي وَاحِدَةٌ أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ
مَالِي قَالَ لَا قَالَ قُلْتُ أَفَأَتَصَدَّقُ بِشَطْرِهِ قَالَ لَا الثُّلُثُ
وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ
تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ وَلَسْتَ تُنْفِقُ نَفَقَةً تَبْتَغِي
بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ بِهَا حَتَّى اللُّقْمَةُ تَجْعَلُهَا فِي
فِي امْرَأَتِكَ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أُخَلَّفُ بَعْدَ أَصْحَابِي
قَالَ إِنَّكَ لَنْ تُخَلَّفَ فَتَعْمَلَ عَمَلًا تَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللَّهِ
إِلَّا ازْدَدْتَ بِهِ دَرَجَةً وَرِفْعَةً وَلَعَلَّكَ تُخَلَّفُ حَتَّى يُنْفَعَ
بِكَ أَقْوَامٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ اللَّهُمَّ أَمْضِ لِأَصْحَابِي هِجْرَتَهُمْ
وَلَا تَرُدَّهُمْ عَلَى أَعْقَابِهِمْ لَكِنْ الْبَائِسُ سَعْدُ بْنُ خَوْلَةَ
قَالَ رَثَى لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَنْ
تُوُفِّيَ بِمَكَّةَ[1]
Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin
Yahya at-tamimi, telah menghabarkan kepada kami Ibrahim bin sa’ad dari ibnu
syihab dari ‘Amir bin sa’ad dari ayahnya dia telah berkata : Pada waktu haji
wada’ Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menjengukku karena menderita
penyakit yang hampir menyebabkan kematianku. Lalu aku berkata: Wahai
Rasulullah, penyakitku sangat parah seperti yang engkau lihat, sedangkan aku
adalah seorang hartawan dan tidak ada yang mewarisiku kecuali putriku
satu-satunya. Apakah saya boleh bersedekah dengan dua pertiga hartaku? Beliau
menjawab: Tidak boleh. Aku bertanya lagi: Dengan setengahnya? Beliau menjawab:
Tidak boleh, dengan sepertiga saja. Dan sepertiga itu sudah banyak.
Sesungguhnya jika kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya itu lebih
baik daripada kamu meninggalkan mereka dalam keadaan miskin yang akan
meminta-minta kepada manusia. Dan kamu tidak menafkahkan suatu nafkah pun untuk
mencari keredaan Allah, kecuali kamu akan mendapatkan pahala karena nafkahmu
itu walaupun sesuap makanan yang kamu masukkan ke mulut istrimu. Ia berkata:
Aku bertanya: Wahai Rasulullah, apakah aku akan tetap hidup setelah
sahabat-sahabatku (meninggal) Beliau bersabda: Sesungguhnya kamu tidak
diberikan umur panjang lalu kamu mengerjakan suatu amal untuk mengharap
keredaan Allah, kecuali kamu akan bertambah derajat dan kemuliaan dengan amal
itu. Semoga kamu diberi umur panjang sehingga banyak kaum yang akan mendapatkan
manfaat dari kamu, dan kaum yang lain (orang-orang kafir) menderita kerugian
karenamu. Ya Allah, sempurnakanlah hijrah sahabat-sahabatku, dan janganlah
Engkau kembalikan mereka ke belakang (ke kekufuran). Tetapi orang yang sial adalah Sa`ad bin Khaulah berkata: Rasulullah
Shallallahu alaihi wassalam. menyayangkannya (Sa‘ad bin Khaulah yang meninggal
di Mekah ).
2.
Takhrijul Hadis
Dalam mentakhrij hadis ini, penulis menggunakan metode Bahtsu
al-Sharfi, dengan kata kunci وَرَثَتَكَ, maka hasilnya penulis mendapatkan sekitar
38 redaksi hadis matan yang sama, yang terdapat dalam 8 kitab hadis yaitu :
a.
Dalam
kitab Bukhari terdapat pada nomor. 54, 1213, 2537, 2539, 3643, 4007, 4635,
5227, 5237, 5896 dan 6236. Salah satu contohnya :
·
Shahih
Bukhari, kitab ritsaa Janaiz, bab ritsaa al-Nabi Sa’d Ibn Khaulah, no. 1213
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ
أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي عَامَ حَجَّةِ الْوَدَاعِ مِنْ
وَجَعٍ اشْتَدَّ بِي فَقُلْتُ إِنِّي قَدْ بَلَغَ بِي مِنْ الْوَجَعِ وَأَنَا
ذُو مَالٍ وَلَا يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي
قَالَ لَا فَقُلْتُ بِالشَّطْرِ فَقَالَ لَا ثُمَّ قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ
كَبِيرٌ أَوْ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ
أَنْ تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ وَإِنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ
نَفَقَةً تَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ بِهَا حَتَّى مَا
تَجْعَلُ فِي فِي امْرَأَتِكَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أُخَلَّفُ بَعْدَ
أَصْحَابِي قَالَ إِنَّكَ لَنْ تُخَلَّفَ فَتَعْمَلَ عَمَلًا صَالِحًا إِلَّا
ازْدَدْتَ بِهِ دَرَجَةً وَرِفْعَةً ثُمَّ لَعَلَّكَ أَنْ تُخَلَّفَ حَتَّى
يَنْتَفِعَ بِكَ أَقْوَامٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ اللَّهُمَّ أَمْضِ
لِأَصْحَابِي هِجْرَتَهُمْ وَلَا تَرُدَّهُمْ عَلَى أَعْقَابِهِمْ لَكِنْ
الْبَائِسُ سَعْدُ بْنُ خَوْلَةَ يَرْثِي لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَاتَ بِمَكَّةَ
b.
Dalam kitab Sunan At-tirmidzy terdapat pada nomor.
898, 2042, 3004, dan 3113. Salah satu contohnya :
·
Sunan Tirmidzy,
kitab al-Washaya, bab maa ja’a fil washiyah bi al-tsuluts, no. 2042
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ
بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ مَرِضْتُ عَامَ الْفَتْحِ مَرَضًا
أَشْفَيْتُ مِنْهُ عَلَى الْمَوْتِ فَأَتَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي مَالًا
كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَتِي أَفَأُوصِي بِمَالِي كُلِّهِ قَالَ
لَا قُلْتُ فَثُلُثَيْ مَالِي قَالَ لَا قُلْتُ فَالشَّطْرُ قَالَ لَا قُلْتُ
فَالثُّلُثُ قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ إِنْ تَدَعْ وَرَثَتَكَ
أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَدَعَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ
وَإِنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً إِلَّا أُجِرْتَ فِيهَا حَتَّى اللُّقْمَةَ
تَرْفَعُهَا إِلَى فِي امْرَأَتِكَ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أُخَلَّفُ
عَنْ هِجْرَتِي قَالَ إِنَّكَ لَنْ تُخَلَّفَ بَعْدِي فَتَعْمَلَ عَمَلًا تُرِيدُ
بِهِ وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا ازْدَدْتَ بِهِ رِفْعَةً وَدَرَجَةً وَلَعَلَّكَ أَنْ
تُخَلَّفَ حَتَّى يَنْتَفِعَ بِكَ أَقْوَامٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ اللَّهُمَّ
أَمْضِ لِأَصْحَابِي هِجْرَتَهُمْ وَلَا تَرُدَّهُمْ عَلَى أَعْقَابِهِمْ لَكِنْ
الْبَائِسُ سَعْدُ ابْنُ خَوْلَةَ يَرْثِي لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَاتَ بِمَكَّةَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ
ابْنِ عَبَّاسٍ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيثُ
مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا
عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّهُ لَيْسَ لِلرَّجُلِ أَنْ يُوصِيَ بِأَكْثَرَ مِنْ
الثُّلُثِ وَقَدْ اسْتَحَبَّ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ
الثُّلُثِ لِقَوْلِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ
c. Dalam kitab Abu Dawud terdapat pada nomor. 2361,
2480, dan 2698, salah satu contohnya :
·
Sunan Abu Daud, kitab al-Washaya, bab maa ja’a fii maa
laa yajuuzu lil muushi fii maalihi, 2480
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ وَابْنُ أَبِي خَلَفٍ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ
الزُّهْرِيِّ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ مَرِضَ مَرَضًا قَالَ
ابْنُ أَبِي خَلَفٍ بِمَكَّةَ ثُمَّ اتَّفَقَا أَشْفَى فِيهِ فَعَادَهُ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ
لِي مَالًا كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَتِي أَفَأَتَصَدَّقُ
بِالثُّلُثَيْنِ قَالَ لَا قَالَ فَبِالشَّطْرِ قَالَ لَا قَالَ فَبِالثُّلُثِ
قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَتْرُكَ وَرَثَتَكَ
أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَدَعَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ وَإِنَّكَ
لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً إِلَّا أُجِرْتَ بِهَا حَتَّى اللُّقْمَةُ تَرْفَعُهَا
إِلَى فِي امْرَأَتِكِ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَخَلَّفُ عَنْ هِجْرَتِي
قَالَ إِنَّكَ إِنْ تُخَلَّفْ بَعْدِي فَتَعْمَلَ عَمَلًا صَالِحًا تُرِيدُ بِهِ
وَجْهَ اللَّهِ لَا تَزْدَادُ بِهِ إِلَّا رِفْعَةً وَدَرَجَةً لَعَلَّكَ أَنْ
تُخَلَّفَ حَتَّى يَنْتَفِعَ بِكَ أَقْوَامٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ ثُمَّ قَالَ
اللَّهُمَّ أَمْضِ لِأَصْحَابِي هِجْرَتَهُمْ وَلَا تَرُدَّهُمْ عَلَى
أَعْقَابِهِمْ لَكِنْ الْبَائِسُ سَعْدُ بْنُ خَوْلَةَ يَرْثِي لَهُ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَاتَ بِمَكَّةَ
d.
Dalam kitab Sunan An-Nasa’i terdapat pada nomor 3567,
3568, 3569, 3570, 3571, 3572, dan 3575. Salah satu contohnya :
·
Sunan al-Nasai,
kitab al-Washaya, no. 3567
أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ
عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ
عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ مَرِضْتُ مَرَضًا أَشْفَيْتُ مِنْهُ
فَأَتَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي
فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي مَالًا كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي
إِلَّا ابْنَتِي أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي قَالَ لَا قُلْتُ فَالشَّطْرَ
قَالَ لَا قُلْتُ فَالثُّلُثَ قَالَ الثُّلُثَ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ
تَتْرُكَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ لَهُمْ مِنْ أَنْ تَتْرُكَهُمْ عَالَةً
يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ
e.
Kitab sunan ibnu Majah yang terdapat pada nomor 2699,
contohnya :
·
Sunan Ibn Majah,
kitab al-Washaya, bab al-washiyah bi al-tsuluts, no. 2699
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ
عَمَّارٍ وَالْحُسَيْنُ بْنُ الْحَسَنِ الْمَرْوَزِيُّ وَسَهْلٌ قَالُوا
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ
عَنْ أَبِيهِ قَالَ مَرِضْتُ عَامَ الْفَتْحِ حَتَّى أَشْفَيْتُ عَلَى الْمَوْتِ
فَعَادَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ أَيْ
رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي مَالًا كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ
لِي أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي قَالَ لَا قُلْتُ فَالشَّطْرُ قَالَ لَا
قُلْتُ فَالثُّلُثُ قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ
أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ
f.
Kitab Musnad Imam Ahmad terdapat pada nomor. 1363,
1394, 1398, 1406, 1419, 1442, 1464, 1512, dan 1528. Salah satu contohnya :
·
Musnad Ahmad, kitab musnad al-Asyarah al-mubasysyirin
bil jannah, bab musnad Abu Ishaq Sa’d Ibn Abu Waqqash, no. 1363
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
سَعِيدٍ عَنِ الْجَعْدِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ حَدَّثَتْنِي عَائِشَةُ بِنْتُ سَعْدٍ
قَالَتْ قَالَ سَعْدٌ اشْتَكَيْتُ شَكْوًى لِي بِمَكَّةَ فَدَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنِّي قَدْ تَرَكْتُ مَالًا وَلَيْسَ لِي إِلَّا ابْنَةٌ وَاحِدَةٌ
أَفَأُوصِي بِثُلُثَيْ مَالِي وَأَتْرُكُ لَهَا الثُّلُثَ قَالَ لَا قَالَ
أَفَأُوصِي بِالنِّصْفِ وَأَتْرُكُ لَهَا النِّصْفَ قَالَ لَا قَالَ أَفَأُوصِي
بِالثُّلُثِ وَأَتْرُكُ لَهَا الثُّلُثَيْنِ قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ
ثَلَاثَ مِرَارٍ قَالَ فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَى جَبْهَتِهِ فَمَسَحَ وَجْهِي
وَصَدْرِي وَبَطْنِي وَقَالَ اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا وَأَتِمَّ لَهُ هِجْرَتَهُ
فَمَا زِلْتُ يُخَيَّلُ إِلَيَّ بِأَنِّي أَجِدُ بَرْدَ يَدِهِ عَلَى كَبِدِي
حَتَّى السَّاعَةِ
g.
Kitab al-Muwaththa’ Imam Malik yang terdapat pada
nomor 1258. Contohnya:
·
Muwaththa’ Malik,
kitab al-Aqdhiyah, bab fi al-tsuluts la tata’addaa, no. 1258
حَدَّثَنِي مَالِك عَنْ ابْنِ
شِهَابٍ عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ
جَاءَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي عَامَ
حَجَّةِ الْوَدَاعِ مِنْ وَجَعٍ اشْتَدَّ بِي فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
قَدْ بَلَغَ بِي مِنْ الْوَجَعِ مَا تَرَى وَأَنَا ذُو مَالٍ وَلَا يَرِثُنِي
إِلَّا ابْنَةٌ لِي أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا فَقُلْتُ فَالشَّطْرُ قَالَ لَا ثُمَّ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ
كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَذَرَهُمْ
عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ وَإِنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً تَبْتَغِي
بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ حَتَّى مَا تَجْعَلُ فِي فِي امْرَأَتِكَ
قَالَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَأُخَلَّفُ بَعْدَ أَصْحَابِي فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّكَ لَنْ تُخَلَّفَ
فَتَعْمَلَ عَمَلًا صَالِحًا إِلَّا ازْدَدْتَ بِهِ دَرَجَةً وَرِفْعَةً
وَلَعَلَّكَ أَنْ تُخَلَّفَ حَتَّى يَنْتَفِعَ بِكَ أَقْوَامٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ
اللَّهُمَّ أَمْضِ لِأَصْحَابِي هِجْرَتَهُمْ وَلَا تَرُدَّهُمْ عَلَى
أَعْقَابِهِمْ لَكِنْ الْبَائِسُ سَعْدُ بْنُ خَوْلَةَ يَرْثِي لَهُ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ مَاتَ بِمَكَّةَ
h.
Kitab Sunan Ad-Darimy, terdapat pada nomor 3064 dan
3065. Salah satu contohnya :
·
Sunan al-Darimy,
kitab al-Washaya, bab al-washiyah bi al-tsuluts, no. 3065
أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ
هَارُونَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَامِرِ بْنِ
سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ اشْتَكَيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ حَتَّى أُدْنِفْتُ فَدَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي فَقُلْتُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ مَا أُرَانِي إِلَّا لِمَا بِي وَأَنَا ذُو مَالٍ كَثِيرٍ وَإِنَّمَا
يَرِثُنِي ابْنَةٌ لِي أَفَأَتَصَدَّقُ بِمَالِي كُلِّهِ قَالَ لَا قُلْتُ
فَبِنِصْفِهِ قَالَ لَا قُلْتُ فَالثُّلُثِ قَالَ الثُّلُثُ وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ
إِنَّكَ إِنْ تَتْرُكْ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَتْرُكَهُمْ
فُقَرَاءَ يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ بِأَيْدِيهِمْ وَإِنَّكَ لَا تُنْفِقُ
نَفَقَةً إِلَّا آجَرَكَ اللَّهُ فِيهَا حَتَّى مَا تَجْعَلُ فِي فِي امْرَأَتِكَ
3. Tahqiqul
hadis
Berdasarkan penelitian yang terdapat dalam CD Mausu’ah
al-syarif, hadis ini menurut penulis berstatus shahih, hadis marfu’ bersandar
kepada Rasulullah saw. Dan sanadnya muttasil. Karena para perawinya
tsiqah semua, untuk lebih rinci mengenai perawi sebagai berikut :
·
Yahya
bin yahya at-tamimi, tingkatan : ( tab’ul at’ba’ senior)
Ratabah
: tsiqatu tsabata imam
·
Ibrahim
bin sa’ad, tingkatan : ( atba’ tengah)
Ratabah
: tsiqatul hujjah
·
Ibnu
syihab, tingkatan : (dibawah tabiin tengah)
Ratabah
: muttafaqun ‘ala jalalatihi wa itqanihi
·
‘Amir
bin Sa’ad, tingkatan : (tabiin tengah)
Ratabah
: tsiqah
·
Abihi
(Sa’ad bin abi waqas malik), tingkatan : sahabat
Ratabah
: sahabat yang adil dan tsiqah
4.
Ma’na
mufradat
·
عالة : jama’ dari kata عائل, yang berarti fakir.
5.
Syarah dan Kandungan hukum
Esensi dari hadits di atas adalah ukuran batasan wasiat. Sebelum masuk
kepada penjelasan kadar wasiat alangkah baiknya kita mengetahui pengertian
wasiat. Wasiat berasal dari kata washiyyah,
jamaknya adalah washaaya. Menurut pengertian hukum syara’ (istilah) wasiat
adalah suatu perjanjian khusus yang disandarkan kepada sesuatu sesudah
meninggal.[5]
Mengenai kata ورثة, mengapa Rasulullah
menggunakan redaksi Jama’? Dalam kitab Syarah Bulughul Maram karangan
‘Athiyah Ibn Muhammad Salim dijelaskan bahwa ini merupakan salah satu dari
kemukjizatan Nabi. Nabi mengetahui bahwa kelak Sa’d Ibn Abi Waqash akan mempunyai anak
yang banyak. Ada yang berpendapat anaknya empat, ada yang enam, ada yang delapan, laki-laki dan perempuan,
dan lebih dari sepuluh, anak perempuannya berjumlah 12.[6]
Ucapannya
:” apakah saya sedekahkan” itu mengandung kemungkinan bahwa sa’ad meminta izin
kepada beliau untuk melaksanakan wasiatnya itu pada waktu itu juga atau beliau
inginkan berlakunya setelah kematiannya. Hanya saja dalam suatu riwayat dengan
kata “Ausha” (beliau telah berwasiat). Dan riwayat itu menetapkan kebenaran
kemungkinan yang kedua. Oleh karena itu, yang pertama itu di tafsirkan sesuai
yang kedua itu.
Ucapannya : “ Bisyatril Mali” (separuh
hartaku) itu yang beliau maksudkan adalah setengah/seperdua dari hartanya. Sabdanya
: “ dan sepertiga itu banyak “ itu diriwayatkan dengan huruf Tsa’ (Katsir) dan
diriwayatkan dengan Ba’ (Kabir) yang berarti besar. Itu menunujukan keraguan
perawi. Hal itu terjadi dalam riwayat Bukhari. Keraguan itu juga terjadi dalam
riwayat An-Nasa’i, tetapi kebanyakan perawi dengan huruf Tsa’ (Katsir).
Penafsiran sepertiga dengan banyak itu adalah ditinjau jumlah yang kurang dari
itu : mengenai faedah sifatnya dengan kata “katsir” itu mengandung dua
kemungkinan :[7]
1. Pertama, sebagai penjelas bahwa yang paling
baik adalah yang secukupnya tanpa berlebihan. Inilah yang segera terlintas
dalam ingatan dan demikian pula pemahaman Ibnu Abbas. Beliau mengatakan : saya
sukai bahwa orang-orang memelihara jumlah sepertiga itu maksimal hingga
seperempat (minimal) dari wasiat itu.
2. Kedua, sebagai penjelas bahwa sedeqah
dengan sepertiga itu adalah paling sempurna, yaitu banyak pahalanya dan kata
Katsir (banyak) itu adalah termasuk sifat yang tergantung pada keadaan.
Dalam hadis tersebut terdapat dalil
larangan wasiat lebih dari sepertiga itu bagi orang yang mem punyai ahli waris.
Batas ini sudah disepakati ulama (ijma’ ulama). Hanya saja mereka berselisih
pendapat. Apakah sepertiga itu paling baik, atau paling banyak ? menurut
pendapat Ibnu Abbas , Syafi’i dan sekelompok ulama lain bahwa yang paling baik
adalah kurang dari sepertiga berdasarkan sabdanya : “Bahwa sepertiga itu banyak”. Kata Qatadah :
Abu Bakar r.a. berwasiat seperlima, dan Umar r.a. berwasiat seperempat.
Seperlima itulah yang lebih saya sukai.
Mengenai orang yang tidak mempunyai ahli
waris, menurut pendapat ibnu malik : sesungguhnya dia sama dengan orang yang
mempunyai ahli waris, tidak baik baginya lebih dari sepertiga itu. Ulama
Hadawiyyah, dan Ulam Hanafiyyah membolehkan wasiat harta seluruhnya. Dan itu
berasal dari pendapat Ibnu Mas’ud. Seandainya ahli waris itu membolehkan wasiat
lebih dari sepertiga, maka wasiat itu shah dan berlaku karena mereka ahli waris
itu menggugurkan hak mereka sendiri. Demikian pula pendapat jumhur ulama. [8]
BAB III
KESIMPULAN
Hadis ini terdapat banyak memiliki variasi matan yang pada intinya sama
yaitu menjelaskan ukuran batasan dalam memberikan wasiat dari harta warisnya.
Hadis ini dapat dijadikan Hujjah karena memenuhi kreteria hadis shahih yakni
bersambung sanadnya dan para perawinya semuanya berstatus tsiqah, dan juga
terdapat dalam banyak jalur terhadap periwayatannya.
Melihat dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa ukuran
wasiat yang sepertiga adalah ukuran maksimal. Dalam syarah Shahih Muslim karya
Imam al-Nawawi ditambahkan kadar wasiat boleh sepertiga apabila ahli waris yang
ditinggalkan dalam keadaan kaya, tapi jika mereka miskin maka sebaiknya kadar
wasiat dikurangi dari sepertiga. Jumhur ulama juga sepakat seseorang yang
mempunyai ahli waris dianjurkan untuk tidak berwasiat lebih dari sepertiga
kecuali ahli warisnya telah mengizinkan. Juga berdasarkan pendapat dari Qatadah : Abu Bakar
r.a. berwasiat seperlima, dan Umar r.a. berwasiat seperempat. Seperlima itulah
yang lebih saya sukai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar